Kamis, 12 November 2009

Enam Tips Konsumsi Sayur Walaupun Tak Suka

SAYURAN merupakan salah satu makanan yang diklaim paling menyehatkan. Masalahnya, bagaimana jika Anda tidak suka sayur?


Anda akan kehilangan manfaat berbagai komponen sehat seperti serat, antioksidan, serta berbagai phytochemical kuat lainnya yang terdapat pada sayuran.

Jadi, Apa yang sebaiknya Anda lakukan? Berikut beberapa tip sederhana yang bisa membantu Anda memenuhi asupan sayuran.

1. Tambahkan sayuran ke makanan yang Anda suka

Mungkin Anda benci sayur tetapi sangat menyukai lasagna. Jadi, Anda bisa berkreasi denan memotong-motong sayuran seperti bayam atau wortel yang telah dimasak ke dalam lasagna favorit Anda. Jangan lupa memasukkan semua sayur yang mungkin Anda suka (tomat, bayam, jamur, brokoli, asparagus) ke dalam omelet yang Anda buat. Dengan cara ini, Anda bisa menikmati makanan kesukaan sekaligus mendapatkan manfaat sehat dari sayuran tersebut.

2. Campurkan ke dalam sup

Jangan lupa menambahkan sayuran ke dalam sup favorit Anda. Sayuran akan terasa berbeda setelah dipadukan dengan sup ayam kesukaan Anda. Dengan begitu, rasa asli yang tidak Anda sukai bisa tersamarkan.

3. Selipkan ke dalam salad

Penuhi salad Anda dengan sayuran yang Anda suka (paling tidak bisa Anda toleransi). Anda bisa memilih atau memadukan berbagai jensi sayur termasuk ketimun, wortel, kacang buncis, bawang merah, bit, tomat, brokoli atau kol bunga. Anda juga bisa menggunakan daun bayam sebagai ganti selada.

4. Sajikan mentah

Bagi Anda yang tidak suka sayuran, sajian mentah bisa menjadi lebih membangkitkan selera. Sayur mentah biasanya mempunyai rasa yang lebih ringan dibandingkan sayuran yang sudah dimasak. Selain itu, teksturnya juga lebih renyah, cocok bagi Anda yang tidak suka makanan lembek.

5. Campurkan ke dalam spaghetti dan pizza

Hampir semua orang menyukai pizza dan spaghetti. Karena itu, kedua makanan ini merupakan tempat yang cocok untuk menyelinapkan sayuran. Pilihlah sayuran yang disukai oleh anggota keluarga Anda (bawang merah, brokoli, seledri, wortel), kemudian dipotong kecil-kecil dan tambahkan ke dalam saus spaghetti. Semakin kecil ukurannya, maka keberadaannya akan semakin tidak disadari. Sayuran juga bisa menjadi topping pizza Anda. Anda bisa mengombinasikan sayuran seperti tomat segar, bawang merah, jamur, atau daun bayam yang telah dipotong-potong.

6. Minum dalam bentuk jus

Dalam bentuk jus, tentunya Anda bisa mengonsumi lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Jika masih kesulitan, Anda bisa memadukannya dengan buah (misalnya wortel dipadukan dengan mangga atau jus jeruk).

sumber : mediaindonesia.com

1 komentar:

chunxue mengatakan...

During the World War II, Art Deco jewellery was ugg sale a very popular style among women. The females started ugg boots wearing short dresses and cut their hair short. And uggs such boyish style was accessorized with Art Deco jewellery. They used cheap ugg boots long dangling earrings and necklaces, multiple bracelets and bold ugg boots uk rings.Art Deco jewellery has harshly geometric and symmetrical theme instead disocunt ugg boots of free flowing curves and naturalistic motifs. Art Deco Jewelry buy ugg boots today displays designs that consist of arcs, circles, rectangles, squares, and ugg outlet triangles. Bracelets, earrings, necklaces and rings are added with long ugg boots outlet lines and curves.One example of Art Deco jewelry is the Art Deco ring. Art Deco rings have ugg mall sophisticated sparkle and bold styles. These rings are not intended for a subtle look, they are meant to be noticed. Hence, these are perfect for people with bold styles.

Poskan Komentar

Jangan lupa tulis KOMENTAR nya biar saya bisa membenahi diri, tulisan anda memberi arti bagi saya